Pindahkan File dari HP ke Laptop dengan Cara Ini

Pindahkan File dari HP ke Laptop dengan Cara Ini

mujertrend.com – Ruang penyimpanan pada smartphone pasti lebih kecil dibandingkan dengan ruang penyimpanan pada laptop. Untuk mengatasi ruang penyimpanan yang habis pada telepon, Anda dapat memindahkan file penting ke laptop.

Memindahkan File dari Smartphone ke Laptop

Dilansir dari ogasite.com, berikut ini merupakan beberapa metode memindahkan file yang berupa foto, video, ataupun dokumen pada smartphone ke dalam laptop. 

Gunakan Kabel USB

  1. Sambungkan laptop dan smartphone menggunakan kabel USB yang mendukung transfer file.
  2. Tunggu hingga muncul pemberitahuan bahwa laptop dan smartphone telah tersambung.
  3. Buka Windows Explorer menggunakan kombinasi tombol ikon Windows + E.
  4. Temukan file perangkat, biasanya nama akan disesuaikan dengan nama smartphone.
  5. Cari file yang akan Anda pindahkan ke Laptop. Anda dapat memilih beberapa menggunakan kombinasi Ctrl + klik kanan atau memilih semua dengan kombinasi Shift + A.
  6. Untuk membuat Salinan, Anda dapat menekan Ctrl + C, pilih lokasi penyimpanan data, kemudian tekan Ctrl + V. Untuk memotong (memindahkan) gunakan Ctrl + X, pilih lokasi penyimpanan, kemudian tekan Ctrl + V.

Kecepatan pemindahan data melalui kabel USB disesuaikan dengan ukuran data tersebut. Namun, jika dibandingkan dengan pemindahan melalui bluetooth, cara ini jelas lebih cepat dilakukan. Kelebihan lain penggunaan kabel USB juga Anda tidak perlu menghapus data pada ponsel jika ingin memindahkan data secara permanen.

Kirim File Melalui Bluetooth

  1. Aktifkan Bluetooth di ponsel dan di laptop.
  2. Buka pengaturan “Bluetooth and other devices settings”, kemudian klik tombol aktifasi. Tunggu sampai Bluetooth aktif.
  3. Nyalakan Bluetooth pada ponsel. Pastikan nama Bluetooth Anda terlihat pada Laptop.
  4. Sambungkan Bluetooth laptop dan Bluetooth smartphone. Biasanya nama Bluetooth akan sesuai dengan nama smartphone itu sendiri. Klik Bluetooth smartphone, sambungkan dengan laptop.
  5. Pilih “Relate Settings” “Send or receive files via Bluetooth”, kemudian akan ditampilkan pop-up “Bluetooth File Transfer”. Pilih “Receive Files” untuk menerima data yang akan dikirim dari smartphone.
  6. Pilih dan kirimkan file Anda. 

Penggunaan Bluetooth untuk mengirim file berukuran besar tidak direkomendasikan, karena semakin besar ukuran file tersebut maka semakin lama waktu yang dibutuhkan.

 

Menggunakan Aplikasi SHAREit

Pengguna smartphone tidak akan asing jika mendengar kata SHAREit. Selain pada smartphone, aplikasi ini sudah bisa Anda gunakan pada laptop. Aplikasi ini memafaatkan metode wireless, yaitu signal hotspot akan dipancarkan dan diterima oleh laptop Anda.

  1. Download dan install aplikasi SHAREit pada laptop Anda.
  2. Buka aplikasi, baik pada smartphone maupun laptop.
  3. Pilih “Connect PC” pada SHAREit ponsel, tunggu hingga terhubung.
  4. Cari file, kemudian kirim melalui SHAREit.

Kecepatan mengirim data dengan SHAREit lebih cepat jika dibandingkan dengan pengiriman melalui transfer Bluetooth. 

Manfaatkan Penyimpanan Cloud

Untuk memanfaatkan penyimpanan ini, Anda membutuhkan koneksi internet yang tersambung dengan laptop. Anda dapat memindahkan file pada GDrive atau pada Drop Box. Namun, penyimpanan pada keduanya memiliki batasan, Anda perlu berlangganan agar kapasitas penyimpanan ditingkatkan.

Baca Juga : Cara Download Mozilla Firefox Versi Lama

Sebelum mengunggah file pada GDrive atau Drop Box, Anda perlu login terlebih dahulu menggunakan akun email Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *