4 Macam Tinta Untuk Printing Kain

Printing kain sudah menjadi teknik yang modern untuk memberikan motif atau desain pada kain yang kita pilih. Bisnis tekstil seperti ini tentu sangat menjanjika apalagi jika kamu tidak perlu modal yang begitu banyak.

Print tekstil juga sangat detail sehingga kita bisa mencetak berbagai macam motif atau desain hasil karya para desainer. Nah selain teknik printing kamu juga wajib yaa mengetahui tinta seperti apa yang harus kamu gunakan untuk proses printing kain.

Pengertian Printing Kain dan Keuntungannya

Apa itu printing kain? Printing kain merupakan sebuah teknik untuk mencetak desain pada sebuah media dalam hal ini kain. Kain yang bisa kamu gunakan juga bermacam-macam yaa dari mulai jenis polyester, satin, katun, kanvas, dry fit dana lain sebagainya.

Keuntungan  yang bisa kamu peroleh apabila menggunakan printing kain juga sangat banyak, diantaranya adalah:

  • Membutuhkan biaya yang lebih murah daripada teknik konvensional.
  • Kualitas desainnya juga menjadi lebih detail, bagus dan lebih terjamin.
  • Bisa memproduksi kain bermotif dengan sangat cepat.
  • Dan sebagainya.

Teknik yang bisa kamu gunakan juga bermacam-macam dari mulai teknik sublimasi, disperse, reactive, pigment, dan sebagainya. Kesemuanya tentu membutuhkan tinta yang harus kamu sesuaikan dengan teknik print yang akan kamu gunakan.

Berbagai Tinta yang Bisa Kamu Gunakan Pada Proses Printing Kain

Tinta atau cat kain yang akan kamu gunakan tentunya berbeda untuk setiap teknik yang kamu gunakan. Berikut ini ada 4 teknik print tekstil beserta dengan tintanya:

  • Tinta Sublimasi

Tinta sublimasi merupakan tinta yang kamu butuhkan saat kamu menggunakan teknik sublimasi dalam menghasilkan motif atau desain pada kain. Selain kain kamu bisa pakai tinta ini untuk percetakan berbagai media loh. misalnya di mug, gantungan kunci, keramik, piring dan sebagainya. Bisa kamu gunakan di kaos berbahan polyester atau TC untuk kain yang berwarna putih. Tinta ini sangat praktis dan juga murah. Bisa langsung kamu setrika dan awet dari degradasi warna.

Hanya saja tinta sublimasi tidak bisa kamu gunakan di kain katun maupun kaos yang berwarna. Sehingga kamu hanya bisa mengaplikasikannya di kaos putih saja.

  • Tinta Disperse

Tinta jenis ini tidak larut di dalam air saat proses pencetakan. Biasanya kamu butuhkan untuk serat sintetis diantaranya polyester. Kemudian kain ini juga tahan luntur ketika dicuci, tahan ketika terkea cahaya sehingga tidak mudah pudar. Warna juga tidak akan mengalami perubahan apabila terkena bahan kimia lain sehingga warna yang kamu hasilkan akan sesuai. Tinta jenis ini pada kain hanya perlu perawatan yang ekstra dan lebih maksimal.

  • Tinta Reactive

Merupakan tinta yang cocok untuk kain katun. Hasil dari printing kain dengan tinta ini juga jelas dan nyata. Hanya saja prosesnya sangat ribet, karena lewat reaksi kimia antara kain dengan tinta agar hasil printing tidak cepat luntur. Dan ini memang tinta khusus lain katun.

Nah itulah tadi berbagai macam tinta printing kain beserta teknik yang bisa kamu gunakan. Pilihlah teknik dan tinta yang berkesesuaian agar hasilnya lebih maksimal. Sekian wawasan print tekstil kali ini, semoga bermanfaat.

Posted on

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.