3 Aspek Penting Merawat Pemanas Air Tenaga Surya

Memanfaatkan energi matahari sebagai sumber pemanasan air merupakan langkah yang tidak hanya ekonomis namun juga ramah lingkungan dalam memenuhi kebutuhan panas air untuk hunian Anda.

Walaupun demikian, sebagaimana perangkat lainnya, perawatan berkala dan layanan pemanas air tenaga surya sangat penting agar perangkat tersebut dapat terus berfungsi secara efisien dan efektif. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa saran berguna untuk menjaga perangkat pemanas air tenaga surya Anda agar tetap berkinerja optimal.

3 Aspek Penting Merawat pemanas air tenaga surya

Salah satu hal yang paling krusial dalam merawat sistem pemanas air tenaga surya adalah dengan secara rutin memeriksa kemungkinan kebocoran dalam sistemnya. Seiring berjalannya waktu, pipa-pipa dan komponen lainnya dalam sistem pemanas air tenaga surya dapat mengendur atau bahkan mengalami kerusakan, yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebocoran.

Untuk mengecek kebocoran, perhatikan adanya tanda-tanda kelembaban atau kelembaban di sekitar atap atau tangki penyimpanan. Jika Anda menemukan indikasi kebocoran, segera lakukan perbaikan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

1.     Membersihkan Panel Kolektor Surya

Panel kolektor surya terpapar elemen-elemen alam dan dapat menumpuk debu, daun, dan serbuk-serbuk lain seiring berjalannya waktu. Hal ini dapat mengurangi efisiensi sistem dan menghambat kemampuan sistem untuk memanaskan air dengan efektif. Untuk membersihkan panel kolektor surya, gunakan sikat atau kain lembut dengan lembut untuk menghapus debu dan serbuk-serbuk yang menempel pada permukaannya. Pastikan untuk tidak merusak panel atau mengganggu aliran air melalui sistem tersebut.

2.     Periksa Katup Pelepas Suhu dan Tekanan

Selain membersihkan panel kolektor surya, sangat penting untuk memeriksa katup pelepas suhu dan tekanan. Katup pelepas suhu dan tekanan merupakan fitur keselamatan yang dirancang untuk mengurangi tekanan berlebihan dan mencegah tangki penyimpanan dari potensi ledakan. Untuk menguji katup ini, angkat tuas pada katup untuk memungkinkan air keluar. Anda seharusnya mendengar suara mendesis dan melihat aliran air yang keluar dalam jumlah kecil. Jika aliran air lemah atau bahkan tidak ada, ini mungkin menunjukkan bahwa katup tersebut tersumbat atau rusak dan perlu diganti.

 

3.     Menggunakan Jasa Teknisi Profesional

Pilihan yang bijak adalah mengizinkan teknisi pemanas air tenaga surya yang profesional untuk melakukan servis perangkat Anda setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali. Teknisi yang ahli dalam layanan pemanas air surya dapat menginspeksi sistem Anda dan mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin perlu diatasi. Mereka juga dapat melakukan pembersihan dan pemeliharaan yang diperlukan untuk memastikan bahwa sistem beroperasi dengan baik.

Dengan melakukan pemeriksaan kebocoran, membersihkan panel kolektor surya, dan menguji katup pelepas suhu dan tekanan secara berkala, Anda dapat membantu memperpanjang umur pemanas air tenaga surya Anda dan menghindari biaya perbaikan yang mahal.

Selain itu, sangat disarankan untuk secara berkala mengizinkan profesional melakukan servis perangkat Anda setiap 6 bulan hingga 1 tahun untuk memastikan bahwa pemanas air tenaga surya Anda tetap berkinerja prima. Dengan mengikuti panduan perawatan ini, Anda dapat menikmati manfaat pemanas air tenaga surya untuk bertahun-tahun ke depan.

Anda bisa menggunakan pemanas air dari PAI (Pemanas Air Indonesia) yang sudah berpengalaman sebagai penyedia pemanas air berkualitas untuk segala kebutuhan anda. Cek websitenya sekarang juga!

Posted on

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *