Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas

Cara Membuat Kincir Angin dari Kertas

mujertrend.com – Kreativitas dari seseorang sangat bermacam-macam, bisa berupa karya fisik maupun karya digital. Tidak heran hanya dengan menggunakan kertas orang bisa berkeativitas membuat karya contohnya membuat kincir angin. Asal istilah ini  berasal  dari nergi Belanda, karena pada jaman dahulu negri Belanda pernah melakukan penjajahan terhadap negara Indoneisa, maka tidak heran jika masyarakat kita mengenalinya.

Untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan bahan sederhana, diantaranya yaitu batang kayu atau bamboo, kertas bebas jenisnya contohnya menggunakan karton. Dengan bahan-bahan tersebut, sudah bisa berkreatifitas sesuai dengan imajinasi Anda.

Langkah-Langkah Membuat Kincir Angin dari Bahan Kertas

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat kincir angin kertas, untuk alat dan bahannya sangat mudah Anda dapatkan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut ini!

Bahan dan alat  untuk membuatnya: 

  1. Gunting  / cutter ( pemotong )
  2. Penggaris atau mistar
  3. Kertas karton
  4. Batang kayu / potongan bilah bambu yang sudah dibersihkan
  5. Jarum pentul
  6. Pensil
  7. Lem 
  8. Penghapus
  9. Jarum pentul

Mungkin untuk bahan dan alatnya hanya itu, berlanjut ke cara pembuatannya

  1. Langkah pertama gambarlah sketsa menggunakan pensil, gunakan penggaris agar hasilnya tidak bengkok dan lebih maksimal, contoh bisa kamu lihat seperti gambar.
  1. Setelah menggambar steksa lalu potong bagian pinggir – pinggir atau sudut – sudut karton namun hanya setengahnya saja karena jika semua maka nanti tidak jadi, rangkai bagian baling – baling caranya satukan setiap lubang ke pusat lubang atau poros lubang, poros lubang berada di tengah.
  2. Setelah membentuk baling – baling, satukan baling – baling menggunakan lem.
  3. Selanjutnya kita siapkan tangkainya / pegangannya dengan menggunakan kayu atau juga bisa ambil potongan bilah bambu yang sudah di bersihkan.
  4. Tusuk jarum pentul dari arah depan menuju ke penghapus kemudian bengkokkan sampai jarum membentuk siku – siku.
  1. Satukan penghapus dengan batang kayu atau bilah bambu, selanjutnya satukan keduanya melalui bagian belakang. Pasangkan tangkai lewat belakang secara perlahan.
  2. Jika sudah memasang tangkai pada bagian depannya, maka langkah terakhir ganjal dengan karet untuk menghindari supaya kincir tidak copot dan tetap kokoh.

Metode dan bahan yang digunakan juga tergolong sangat mudah Anda dapatkan, tidak perlu mencari bahan yang sulit untuk mendapatkannya, contohnya saja jika di tempat Anda tidak ada potongan kayu ada bahan alternative penggantinya. Dengan mengetahui beberapa langkah di atas, maka Anda bisa mengajarkan anak atau murid-murid di sekolah.

Baca Juga : Solusi Cerdas Cara Membuka PDF yang Terkunci Melalui Browser

Sangat mudah bukan cara membuat kincir angin kertas, demikian sedikit penjelasan dari artikel di atas semoga mudah untuk di pahami, semangat mencoba !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *